Tuesday, May 22, 2012

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut


Pertama, biasakan diri untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Ketika tidur, mulut tertutup dan menyebabkan air liur tidak bersirkulasi, bakteri akan berkembang biak dua kali lipat lebih banyak. Bakteri yang semakin banyak akan merusak gigi dan gusi. Oleh karena itu, sikat gigi sebelum tidur sangat penting untuk menghindari terjadinya gangguan gigi dan gusi yang lebih buruk.
Kedua, sebaiknya segera menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan yang manis dan lengket. Sisa makanan manis yang tidak segera dibersihkan menjadi penyebab utama terjadinya gigi berlubang. Begitu pula makanan yang lengket, makanan ini harus segera dibersihkan agar tidak tertimbun dan semakin sulit dibersihkan nantinya.
Ketiga, pilihlah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang lembut. Bbanyak orang yang beranggapan bahwa semakin keras menyikat gigi akan semakin bersih hasilnya. Anggapan ini salah karena menyikat gigi dengan keras akan menyebabkan terkikisnya email (lapisan pelindung) gigi.
Keempat, terapkanlah cara menyikat gigi yang baik dan benar. Sikatlah gigi Anda dengan arah ke atas lalu ke bawah atau dari arah gusi ke arah ujung gigi.
Kelima, sebaiknya Anda mengganti sikat gigi Anda tiga bulan sekali atau bila bulu sikat sudah mekar. Penempatan sikat gigi pun harus diperhatikan. Letakkanlah sikat gigi di dalam kamar mandi dengan wadah tertutup atau dimasukkan ke dalam lemari di balik cermin di kamar mandi Anda untuk menghindari kontaminasi kuman dan bakteri.
  1. Perbanyak minum air putih, juga buah-buahan dan sayuran yang bisa membersihkan gigi seperti apel, wortel dan seledri.
  2. Gunakan sedotan jika ingin meminum kopi, teh ataupun minuman bersoda lain agar minumannya tidak mengenai gigi secara langsung . Soalnya minuman tersebut dapat membuat kerusakan kuat pada gigi.
  3. Sikat gigi 3 kali sehari setelah selesai makan. Jangan menyikat gigi terlalu keras karena bisa mengakibatkan gigi abrasi dan rusak.
  4. Gunakan strawberry karena strawberry bisa memutihkan gigi. Caranya dengan hancurkan saja strawberry dan tempelkan ke bagian gigi dengan menggunakan jari. Diamkan sampai 2 menit kemudian sikat gigi dengan bersih secara menyeluruh.
  5. Noda gigi atau plak sehabis makan bisa kita cegah dengan memakan daun selada , brokoli dan juga selada.
  6. 6. Periksakan ke dokter setiap 6 bulan sekali.
  7. Bagi ibu-ibu yang sedang hamil , setiap kali habis muntah sebaiknya gosok gigi atau kumur-kumur sebanyak mungkin. Karena muntahan tersebut disertai asam lambung yang bisa merusak email gigi dan lama kelamaan akan berlubang.
  8. Karang gigi yang terbentuk sebaiknya segera dibuang.
  9. Gigi yang berlubang sebaiknya ditambal.
  10. Pilihlah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang lembut.
  11. Gunakan cara menyikat gigi yang benar yaitu dengan menggosok ke arah atas dan dilanjutkan ke arah bawah. Atau dari arah gusi ke ujung gigi.
  12. Hentikan merokok, selain bisa membuat gigi kuning, merokok juga bisa menyebabkan penyakit gusi dan kanker mulut.
  13. Gunakan benang floss untuk membersihkan sela-sela makanan yang terselip diantara gigi.

3 comments:

dimdroid said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Cino mbarix said...

iya mas...
salam kenal juga. aku kudus

nisava ifanka said...

trimakasih atas infonya....
izin copas buat tugas ya min... sukses selalu....

Post a Comment

Warning !! Silahkan Copy paste asal tetap mencantumkan URL/Link Blog sebagai sumbernya. Powered by Blogger.