Monday, May 14, 2012

PERADABAN ARAB PRA ISLAM

Peradaban islam adalah akibat pengaruh budaya bangsa-bangsa di sekitarnya terlebih dahulu maju dari pada kebudayaan dan peradaban arab. Pengaruh tersebut masuk ke jazirah arab melalui beberapa jalur yang terpenting di arab, antaranya :
  • Melalui hubungan dagang dengan bangsa lain.
  • Melalui kerajaan-kerajaan protektorat, hirar dan ghasan.
  • Masuknya misi yahudi dan kristen

BEBERAPA SIFAT BANGSA ARAB PRA ISLAM
  1. Secara fisik, mereka lebih sempurna dibanding orang-orang eropa dalam berbagai organ tubuh.
  2. Kurang bagus dalam pengorganisasian kekuatan dan lemah dalam penyatuan aksi.
  3. Faktor keturunan, kearifan, dan keberanian lebih kuat dan berpengaruh.
  4. Mempunyai struktur kesukuan yang di atur kepala suku atau clan.
  5. Tidak memiliki hukum reguler, kekuatan pribadi, dan pendapat suku lebih kuat dan diperhatikan.

PERADABAN PADA MASA ROSULULLAH S.A.W
  1. Pembangunan masjid nabawi
  2. Persaudaraan antar kaum muhajirin dan anshar
  3. Kesepatan untuk saling membantu antara kaum muslimin dan non muslim
  4. Peletakan asas-asas politik, ekonomi dan sosial

Proses Peradaban Yang Dilakukan Oleh Nabi Pada Masyarakat Islam Di Yatsrib
  1. Nabi muhammad mengubah nama yatsrib menjadi madinah (madinah ar-rasul, madinah an-nabi atau madinah
  2. al-munawwarah).
  3. Membangun masjid yang menjadi pusat kegiatan pemerintahan.
  4. Membentuk kegiatan mu’akhat persaudaraan kaum muhajirin dengan anshar (orang-orang yang menerima dan membantu kepindahan muhajirin ke yatsrib).
  5. Membentuk persahabatan dengan pihak-pihak lain yang tidak beragama islam.
  6. Membentuk pasukan tentara untuk mengantisipasi gangguan-gangguan yang dilakukan oleh musuh.

Peradaban Pada Masa Abu Bakar
  1. Abu bakar dalam menunjuk umar tidak meninggalkan asas musyawarah, ia lebih dahulu mengadakan konsultasi untuk mengetahui anspirasi rakyat melalui tokoh-tokoh kaum muslim.
  2. Abu bakar tidak menunjuk salah seorang putranya dan kerabatnya, melainkan memilih seorang yang mempunyai nama dan mendapat tempat di hati masyarakat serta di segani oleh rakyat karena sifat-sifat yang terpuji.
  3. Pengukuhan umar menjadi khalifah sepeninggal abu bakar berjalan dengan baik dalam satu bai’at umum dan terbuka tanpa ada pertentangan di kalangan kaum muslimin.

Peradaban Pada Masa Khalifah Umar
  1. Naskah asas-asas hukum acara
  2. Kedudukan lembaga peradilan
  3. Penundaan persidangan
  4. Orang islam harus berlaku adil
  5. Kewajiban pembuktian
  6. Lembaga damai

Peradaban Pada Masa Utsman Bin Affan
  1. Karya besar monumental khalifah utsman adalah membukukan mushaf al-quran. Pembukukan ini di dasarkan atas alasan dan pertimbangan untuk mengakhiri perbedaan bacaan di kalangan umat islam yang diketahui pada saat ekspedisi militer ke armenia. Pembukuan ini dilaksanakan oleh suatu kepanitiaan yang diketuai oleh zaid bin tsabit.
  2. Adapun kegiatan pembangunan di wilayah islam yang luas itu, meliputi pembangunan daerah-daerah pemukiman, jembatan, jalan, masjid, wisma tamu, pembangunan kota-kota baru yang kemudian pesat. Semua jalan yang menuju madinah dilengkapi dengan khalifah dan fasilitas bagi para pedagang, masjid nabi di madinah di perluas. Tempat persediaan air di madinah dibangun, di kota-kota padang pasir dan di ladang peternakan unta dan kuda.

Peradaban Pada Masa Umayah Timur
  1. Penyempurnaan tulisan al-quran menurut salah satu riwayat, ulama terutama yang memberikan baris dan titik huruf-huruf al-quran adalah hasan al-bashri (642-728 M) atas perintah abd al-malik abn marwan mengintruksikan kepada al-hajjaj untuk menyempurnakan tulisan al-quran; al- hajjaj meminta hasan al-bashri untuk menyempurnakanya dan dibantu oleh yahya ibn ya’mura (murid al- aswad ad-duwali). Dalam riwayat lain dikatakan bahwa yang pertama membuat baris dan titik pada huruf-huruf al-quran adalah abu al-aswas ad-duwali.
  2. Penulisan hadist umar ibn abd al-aziz adalah yang melopori penulisan (tadwin) hadist. Beliau memerintahkan kepada abu bakar abn muhammad abn amr hajm (120 h), gubernur madinah untuk menuliskan hadist yang ada pada hafalan-hafalan penghafal hadist.

Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Kebudayaan
Kemajuan peradaban spanyol islam pada saat ini berimbas pada bangkitnya renaisans dunia barat pada abad pertengahan sehingga dapat di katakan bahwa arab spanyol adalah bagi eropa dan universitas cordova, toledo, sedangkan serville berfungsi sebagia sumber asli kebudayaan arab dan non arab dan agama sampai berabad-abad, kemudian cordova sebagai ibu kota. Spanyol pusat peradaban lslam yang dapat menyamai kemasyhuran baghdad timur dan kairo di mesir. Mengapa demikian ? Sebab, pada saat islam mengalami kemajuan peradaban yang mengagumkan, keadaan eropa sangat terbelakng dan meliputi kegelapan serta kebodohan (harun nasution 1995: 101). Kemajuan yang diraih umat islam spanyol dalam lapangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan, sehingga banyak sejarawan yan berpendapat bahwa supremasi islam tersebutu sangat berpengaruh terhadap kemajuan eropa, melainkan sampai abad ini.

Pendirian bani abbas (750-857 M.132-232 H)
Dinasti abbasiyah,seperti halnya dinasti lain dalam sejarah, mencapai masa kejayaan politik dan intelektual mereka setelah didirikan. Kekhalifan baghdad yang didirikan oleh as-saffah dan al-mansyur mencapai sampai keemasannya antara masa khalifah ketiga, al-mahdi, khalifah ke sembilan, al-watsiq, dan lebih khusus lagi pada harun ar-rasyid dan anaknya, al-makmun. Karena kehebatan dua khalifah itulah, Dinasti abbasiyah memiliki kesan baik dalam ingatan publik, dan menjadi dinasti paling terkenal dalam sejarah islam. Diktum yang dikutip oleh seorang penulis antorologi, ats-tsa’alabi (w.1038) bahwa dari para khalifah abbasiyah, ”sang pembuka” adalah al-mansyur, ”sang penengah ”adalah al-makmun, dan “sang penutup” adalah al-mu’tathid (892-902) adalah benar.

Perang salib dan akibatnya
Perang salib (1996-1291) terjadi sebagai reaksi dunia kristen di eropa terhadap dunia islam di asia, yang sejak 632 m. di anggap sebagai penyerang, bukan saja di siria dan asia kecil, tapi juga di spanyol dan sisilia. Disebut perang salib, karena ekspedisi militer kristen mempergunakan salin sebagai simbol pemersatu untuk menunjukan bahwa peperangan yang mereka lakukan adalah perang suci dan bertujuan untuk membebaskan kota suci baitulmakdis (yerusalem) dari tangan orang-orang islam.
Philip k. hitti menyederhanakan periodesasi perang salib dalam tiga periode yaitu :
1) masa penaklukan (1009-1144 m)
2) masa timbulnya reaksi umat islam (1144-1192 m)
3) masa perang saudara kecil-kecilan yang berakhir sampai (1291 m).

Invasi mongol sampai baghdad jatuh
Dalam tulisan philip k. hitti, di jelaskan bahwa pada tahun 1253, hulagu. Cucu jengis khan, bererak dari mongol memimpin pasukan berkuatan besar untuk membasmi kelompok pembunuh dan menyerang kekahlifahan abbasiyah. Inilah gelombang serangan kedua yang di lakukan bangsa mongol. Mereka menyapu bersih semua yang mereka lalui dan yang menghadang perjalanan mereka , menyerbu semua kerajaan kecil yang berusaha tumbuh di atas puing-puing imperium syah khawarizm. Hulagu mengundang khalifah al-musta’shim (1242-1258) untuk bekerja sama menghancurkan kelompok hasyasyin ismailiah. Akan tetapi, undangan itu tidak mendapat jawaban.

Download filw ppt : Hotfile

0 comments:

Post a Comment

Warning !! Silahkan Copy paste asal tetap mencantumkan URL/Link Blog sebagai sumbernya. Powered by Blogger.