Wednesday, June 20, 2012

TAMAN DJAMU INDONESIA


1. Sejarah
Esensi perjuangan perempuan adalah pemberdayaan. Kartini salah satu teladannya. Bicara Kartini, perempuan dari Jepara ini memilih pendidikan berbasis pengetahuan sebagai cara mencerdaskan kaum hawa di masanya. Perayaan Hari Kartini pada 21 April perlu dilihat sebagai refleksi bagaimana perempuan saling mencerdaskan dan memberdayakan.

Kartini hidup di masanya, beraksi dengan caranya. Banyak perempuan yang juga punya semangat Kartini. Pilihan cara boleh berbeda, namun cita-cita sama, perempuan berhak mendapat akses membangun dirinya, sekaligus menjalani multiperan. Kartini sudah menyontohkan bagaimana perempuan sanggup menjalani peran sebagai istri, ibu, dan mengembangkan dirinya sendiri.

Belasan hingga ratusan tahun setelah era Kartini, tumbuh perempuan tangguh di Indonesia. Dari rakyat jelata hingga tokoh ternama punya kisah berbeda namun bernilai sama, memberdayakan diri sebagai perempuan.

Di Semarang, pada 1913 hadir sosok perempuan Lauw Ping Nio, entrepreneur muda yang memulai bisnis minuman herbal di usia 18. Perempuan muda kelahiran 18 Agustus 1895 ini memiliki keberanian melakukan hal berbeda dari kebanyakan perempuan di jamannya. Mirip seperti Kartini yang diam-diam memberontak atas nilai kebudayaan feodal Jawa. Bedanya, Lauw Ping Nio bergerak dengan caranya, melalui keterampilannya meramu obat-obatan tradisional. 

"Ibu Meneer adalah perempuan yang sangat menyintai keluarga. Hobinya adalah memasak dengan daun laos, sereh, dan salam. Saat ada keluarga sakit, beliau terpikir untuk membantu dan mencari cara bagaimana mengobati sakit secara alami. Saat itu jaman perang, dan harga obat sangat mahal. Berawal dari keinginan mengobati keluarga, Ibu Meneer meramu obat herbal. Selain mengobati keluarga, beliau juga mulai memberikan bantuan cuma-cuma kepada tetangga yang membutuhkan atau sedang sakit. Lama-kelamaan obat tradisional yang diproduksi dicari masyarakat. Karena tidak bisa keluar rumah untuk berjualan, Ibu Meneer mengirimkan produknya melalui anak-anaknya. Untuk memastikan produk tersebut berasal darinya, dibuatlah foto ibu Meneer. Foto ini sebagai perlambang bahwa produk yang dikirimkan anak-anaknya adalah benar berasal darinya. Hingga kini, foto Nyonya Meneer menjadi trademark di setiap produknya," jelas Charles Saerang, cucu, generasi ketiga Nyonya Meneer kepada Kompas Female, Rabu (20/4/2011).

Pada 1919, Lauw Ping Nio resmi mendirikan perusahaan jamu dengan merek Nyonya Meneer. Sejak awal mendirikan perusahaan jamu, Nyonya Meneer memedulikan nasib perempuan. "Perempuan yang bekerja di perusahaan harus mendapatkan cuti haid, ibu Meneer begitu memikirkan perempuan, susahnya menjadi perempuan," 

Nyonya Meneer juga mendorong perempuan di zamannya untuk bekerja, jangan hanya berdiam di rumah. Perempuan harus seimbang dengan laki-laki, prinsip ini juga lah yang diterapkannya kepada anak perempuannya. "Pada jaman itu kebanyakan masyarakat sulit untuk menerima prinsip bahwa perempuan tidak boleh kalah dari laki-laki. Namun prinsip ini sudah didorong oleh ibu Meneer," 

Hingga kini, perusahaan jamu Nyonya Meneer memiliki karyawan yang 90 persennya adalah perempuan. Pola pikir Nyona Meneer kental terasa hingga kini, aku Charles. "Pemikirannya bahwa perempuan harus diberi peluang menjadi pemimpin masih terasa hingga kini," 

Posisi penting di perusahaan jamu Nyonya Meneer dipegang oleh perempuan profesional, bukan berasal dari keluarga semata. "Pantang menyerah, disiplin, motivasi, perempuan berhak setara mendapat kesempatan yang sama, adalah prinsip yang terus-menerus didorong ibu Meneer sejak awal mendirikan perusahaan," 

Jika Nyonya Meneer memiliki misi memberdayakan perempuan, lain lagi dengan kisah Mujena (88), penjahit celana anak di kawasan Cipadu, Tangerang, Banten. Di usia lanjut, Mujena masih menjahit celana anak dengan mesin sederhana. Perempuan yang pernah hidup dalam ketakutan di zaman penjajahan Jepang ini tak ingin berhenti menjahit. Ia ingin berdaya atas dirinya meski usia semakin senja.

"Apa enaknya berdiam diri. Saya masih kuat menjahit. Saya juga masih ingin memberikan uang kepada cucu yang datang menjenguk," kata perempuan yang masih terlihat segar ini saat ditemui di kediamannya.
Mujena membeli bahan dari pengumpul di dekat tempat tinggalnya. Ia lalu menjahit lusinan celana dengan potongan pola dan paduan warna tanpa dikejar setoran. Mujena memiliki pelanggan setia yang selalu datang ke rumah sederhananya untuk membeli beberapa potong celana anak. Kegiatan menjahit sudah dilakukan Mujena puluhan tahun. Keterampilan inilah yang membuatnya berdaya sebagai perempuan. Setidaknya, di usia senja, istri dari mendiang guru mengaji ini tidak menggantungkan hidupnya pada orang lain. Mujena adalah satu dari contoh sederhana perempuan di perbatasan kota Jakarta. Perempuan yang berdaya atas dirinya. 

Di sekeliling Anda tentu banyak "Kartini" yang memiliki semangat memberdayakan diri dan orang lain. Perempuan nyatanya memang memiliki potensi pemberdayaan ini. Mengutip pakar pemasaran Hermawan Kartajaya, perempuan itu WOMEN. WOMEN diartikan sebagai wellbeing, optimisme, multitasking, entrepreneur, dan networker. Karakter WOMEN inilah yang ada dalam diri perempuan dan mencerdaskannya, serta membuatnya berdaya untuk diri dan orang lain, seperti halnya Kartini. Anda, juga punya potensi dan memiliki kekuatan seperti Kartini untuk melakukan perubahan, mencerdaskan diri sendiri dan perempuan lain.

2. Peresmian Taman Jamu Indonesia “ Nyonya Mener “
Senin, 28 Februari 2011, dibuka oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Propinsi Jawa Tengah, Letjend (Purn) H. Bibit Waluyo, Taman Djamoe Indonesia (TDI) yang diprakarsai oleh PT Nyonya Meneer resmi dibuka. Pembukaan ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, seperti mantan Menteri Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Letjend (Purn) TB Silalahi, Ketua Umum KOWANI, Dewi Motik, dan lainnya.

Dr Charles Saerang, Presiden Direktur PT Nyonya Meneer mengungkap, Indonesia mengenal jamu sejak zaman Keraton Yogyakarta dan Surakarta sebagai minuman kesehatan dan kecantikan. Tak berlebihan bila disebut jamu merupakan warisan leluhur Indonesia. Indonesia memiliki sekitar 30 ribu spesies dari 40 ribu spesies tanaman obat-obatan yang ada di bumi. Menjadikan Indonesia sebagai negara mega-biodiversity kedua setelah Brazil untuk tanaman herbal. 

Sejak mulai berusaha dengan jamu, sekitar tahun 1919, usaha Lauw Ping Nio, nama asli Nyonya Meneer, terus berkembang, hingga kini sudah diekspor ke mancanegara, seperti Taiwan dan Amerika. Tak ingin kekayaan leluhur ini terhilang begitu saja dan terlupakan, Dr Charles membuka TDI sekaligus untuk mulai kembali membudayakan minum jamu dan mengubah mindset jamu itu kuno menjadi jamu adalah gaya hidup.
"Lewat TDI, saya ingin memperkenalkan kembali tradisi kembali ke natural, yang dibalut modern. Saya ingin meningkatkan imej jamu kepada masyarakat modern. Tradisi kita harus beradaptasi, jangan menetap di zaman kuno terus. Jamu ini adalah tradisi leluhur, tetapi bisa dibuat modern. Lewat TDI inilah salah satu caranya

TDI terletak di jalan Raya Karangjati Km 28, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. TDI melindungi sekitar 600 spesies tanaman obat yang sering digunakan dalam industri jamu dari berbagai kategori genting, rawan, dan jarang. Di dalam kawasan seluas 3 hektar ini, pengunjung bisa melihat dan menggunakan berbagai fasilitas; Spa Srikaton, Taman Djamoe Resto, Taman Djamoe Gift Shop dan Meneer Shop, Taman Djamoe Herbaclinic, Taman Djamoe Herbal Collection and Market, Amphitheater, Green House, Laboratorium, Jogging and Biking Track, dan Helipad. Dengan biaya sebesar Rp 10.000 per orang, pengunjung bisa menikmati alam taman dari tumbuh-tumbuhan obat, sambil berjalan atau mengelilingi taman baik berjalan kaki maupun bersepeda, dan sajian secangkir minuman jam 

3. Motto, Visi Dan Misi
Taman Djamu Indonesia “ Nyonya Menir : Sebagai pelebaran usaha dari Perusahaan Djamu Nyonya Menir mempunyai Visi dan misi sebagai berikut :

MOTTO :
  • TDI Tempat sarana Wisata , belajar dan Cinta Kasanah Lelulur bangsa , Jamu Nyonya Meneer, tradisi terbaik untuk kesehatan dan kecantikan

VISI :
  • Karena Mutu, Kami unggul di setiap pesaing pasar

MISI :
  • Melestarikan warisan tradisi nenek moyang dalam menjaga kesehatan dan kecantikan
  • Memberikan pelayanan kesehatan dan kecantikan yang bermutu sekaligus yang terjangkau diseluruh lapisan masyarakat
  • Pelayanan kesehatan yang tercipta dari masyarakat untuk masyarakat luas
  • Turut serta membantu pemerintah dalam rangka peningkatan SDM dengan cara pemberdayaan dan pengadaan lapangan kerja 

B. MANFAAT “ TAMAN JAMU INDONESIA “ NYONYA MENER, BAGI MASYARAKAT DAN BANGSA
a. Bagi Masyarakat
  • • Pendirian Taman Djamoe Indonesia di atas lahan seluas 3 hektare itu, juga untuk mewujudkan tempat wisata jamu, pendidikan, penelitian dan pengembangan terhadap ribuan jenis tanaman obat.
  • Sejumlah fasilitas terdiri Spa Srikaton,.Taman Djamoe Resto, Gift Shop dan Meneer Shop, Taman Djamoe Herbalclinic, Herbal Colection and Market, Audio visual (ruang seneplex mini), Amphithester, Green House, Laboratorium, Jogging and Biking Track serta Helipad. Sehingga sangat cocok untuk wisata keluaarga.
  • Kelompok tanaman itu di antaranya tanaman jamu yang memiliki keindahan warna (Pesona Warna), yang memiliki aroma yang sedap (Pesona Aroma), yang memiliki rasa yang nikmat (Pesona Rasa), tanaman berkhasiat untuk menambah keperkasaan pria (Pesona Perkasa), serta tanaman berkhasiat untuk merawat kecantikan wanita (Pesona Ayu).
  • Pengembangan TDI ini dengan melibatkan peranan dari para petani, peneliti, dan ahli tanaman dari beberapa daerah. Sehingga dapat menambah pengetahuan serta pendapatan para petani.
  • TDI Nyonya Meneer menjadi salah satu sarana pelestarian budaya, pelestarian tanaman obat langka, pendidikan jamu pada masyarakat dan sebagai momen penting terjalinnya interaksi nyata antara lembaga riset dan industri serta petani dalam kerangka memajukan jamu nasional.

b. Bagi Bangsa Indonesia
  • Jamu merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kesehatan serta kesejahteraan seluruh rakyat serta duta kebanggaan bangsa
  • Dengan penamamanam yang baik, kajian dan penerapan teknologi yang tepat, Jamu Indonesia pasti bisa menjadi produk yang kompetitif tidak hanya di pasar domestik, tetapi juga di pasar ekspor,” Sehingga mampu menopang perekonomian nasional.
  • Penerapan Tenaga Kerja akan membantu perekonomian terutama masyarakat sekitar.
  • Kedatangan wisatawan akan meningkatkan citra bangsa di mata dunia internasional. 

C. YANG MELATAR BELAKANGI PERUSAHAAN JAMU NYONYA MENER MEMPRAKARSAI BERDIRINYA “ TAMAN JAMU INDONESIA “
  • Sebagai bentuk tanggung jawab kepada pelestarian budaya bangsa serta pelestarian warisan budaya tanaman obat/herbal dan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan obat alami.
  • Taman Jamu Indonesia diharapkan mampu memberikan manfaat bagi industri jamu/herbal nasional, kalangan pendidikan, wisawatan, petani, dan terutama untuk pemahamaan terhadap khasiat tanaman obat alami kepada semua lapisan masyarakat,”
  • Memberikan ruang bagi tanaman herbal atau jamu memiliki tempat untuk hidup. Jamu bagi bangsa Indonesia adalah identitas diri, jamu adalah bagian dari warisan budaya bangsa dan perlu dilestarikan dan dikembangkan,” ujarnya.
  • TDI, digunakan sebagai sarana memperkenalkan kembali tradisi kembali ke natural, yang dibalut modern

D. FASILITAS YANG ADA DI “ TAMAN JAMU INDONESIA “ NYONYA MENER
Fasilitas yang mendukung di Taman Jamu Indonesia Nyonya Mener : 

1. Spa Srikaton
Jamu tidak hanya dapat dinikmati sebagai obat, minuman kesehatan, dan juga kosmetik. Tetapi saat ini jamu juga dikemas menjadi sebuah produk perawatan tubuh dan kecantikan seperti yang ada di SPA Srikaton Taman Djamoe Indonesia. Salah satu yang menjadi kelebihan SPA Srikaton adalah karena sebagain besar perawatannya menggunakan jamu yang khusus diolah untuk memberikan sensasi yang natural.

Selain menggunakan jamu dalam setiap perawatannya, Spa Srikaton juga menawarkan sebuah perawatan spa yang unik dengan design pondok spa yang bertema jawa tradisional yang dapat membawa imajinasi anda pada sebuah perawatan tubuh ala puteri keraton. Pemandangan taman jamu yang ada disekitarpun dapat anda nikmati melalui jendela kaca yang menembus pemandangan taman yang indah, dan saat perawatan berlangsung pengunjung dapat menikmati keindahan tanaman jamu dari dalam pondok Spa Srikaton. Aroma terapi yang harumpun akan terasa selama anda melakukan perawatan, dan bersiaplah untuk melakukan perjalanan perawatan tubuh yang natural dan tak terlupakan.

Perawatan spa jamu tradisional adalah sebuah perawatan spa yang menggunakan jamu sebagai komposisi utama dalam setiap perawatan yang disuguhkan kepada konsumen. Jamu-jamu tradisional yang dipercaya telah digunakan sejak jaman kuno, kini dikemas dalam konsep perawatan tubuh yang bernama spa jamu tradisional.

2. Taman Djamoe Resto,
Taman Djamoe Resto, ini merupakan salah satu restoran yang merupakan fasilitas dari TDI Menu makanan yang disajikan di Restoran ini sangat beragam sehingga pengunjung bisa memilih sesuai selera. 

Menu baru yang ditawarkan oleh Restoran ini adalah makanan yang berbahan dasar bahan tradisional dan tanaman obat seperti : 

Sate Jamu Rp 22 500
Jamur Saus Mayones Rp 17 500
Jamur Goreng Asam Manis Rp 15 000
Tumis Udang Jamur Rp 28 000
Ayam Siram Saus Jamu Rp 27 500
Fu Yung Hay Jamur Rp 22 500
Ca Jamur Kombinasi Rp 28 500

Minuman andalan dari Taman Jamu Resto ini adalah Es Gamelan Es Gamelan ini hampir sama dengan es campur namun es gamelan ini terdiri dari tape singkong tape ketan kelapa muda yang lembut nangka dan alpukat Rasa manisnya yang khas dan rasa asam membuat minuman es gamelan ini makin segar

Dan selain menu baru berbahan dasar jamur juga tersedia menu lainnya seperti Gurame goreng sayur asem Sop Buntut Karamel Es Krem Goreng Brokoli Salju dan masih banyak lagi menu makanan tradisional Jawa lainnya

Bagi anda yang sedang dalam perjalanan jauh dan kebetulan melintas pasti akan lebih nikmat jika bisa mampir TDI Resto karena lahan parkirnya luas dan tempat bersantap ria juga disediakan banyak tempat duduk maupun lesehan

Menempati area yang sangat luas. TDI Resto sangat disukai karena selain menu masakan Seafood nya yang lezat seperti cumi atau udang, tempatnya juga sangat nyaman dan bersih. Terdapat garden resto jika kita ingin makan di rumah makan kecil terbuat dari bambu.

3. Gift Shop dan Meneer Shop,
Cara mudah berbelanja oleh-oleh khas Indonesia. Beraneka macam oleh-oleh khas dapat anda dapatkan disini. Semua produk diolah dari bahan pilihan dan proses yang higienis, sehingga memastikan kualitasnya tetap terjaga sampai di tempat anda. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan dimilikinya sertifikat dari badan POM Indonesia dan juga sertifikat halal dari MUI.

Proses pembelian dan pemesanan yang sangat mudah bisa dengan chas melaui email, sms, formail atau bahkan chating. 

Produk-produk yang di tawarkan sangat beragam, Sovenir khas dari berbagai daerah di Indonesia, berbagai jajanan tradisonal Indonesia seperti : Keripik tahu bulat khas Wonosobo, Aneka keripik buah dari kota Malang, Kue moaci cemilan khas Semarang, Minuman tradisional khas pariangan yang selain dapat menghangatkan badan juga berkhasiat untuk kesehatan, Beraneka jenis produk olahan hasil laut khas Surabaya, Bermacam-macam cemilan khas kota Padang seperti sanjai juga tersedia, Lempok Durian khas Kalimantan juga telah tersedia, dan masih banyak lagi.

4. Taman Djamoe Herbalclinic,
Di taman Jamu Herbal Clinik kita bias menambah tentang wawasan jamu, dan dapat meminum jamu yang langsung di racik. 

Jamu herbal” ialah salah satu obat yang tidak memiliki efek samping karena tidak mengandung zat kimia. Hal ini dikarenakan jamu herbal terbuat dari bahan-bahan alami seperti tanaman herbal.

jamu herbal semakin banyak diminati oleh masyarakat karena khasiatnya yang luar biasa. Tidak adanya efek samping dari penggunaan jamu herbal ini adalah alasan utamanya. Oleh karena itu, sudah tidak aneh lagi kalau jamu herbal ini diburu masyarakat luas.

Selain itu, jamu herbal ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang ringan seperti penyakit kulit sampai yang berat seperti jantung dan kolestrol. Jika anda adalah orang yang sedang mencari obat untuk menyembuhkan suatu penyakit, atau hanya sekedar menjaga kebugaran dan kesehatan diri, jangan ragu untuk memilih jamu herbal.

Jamu merupakan salah satu warisan dari nenek moyang Indonesia dimana jamu merupakan obat alternatif yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat terhadap kesehatan maupun kecantikan. Jamu sudah dikenal sudah berabad-abad di Indonesia yang mana pertama kali jamu dikenal dalam lingkungan Istana atau keraton yaitu Kesultanan di Djogjakarta dan Kasunanan di Surakarta.

Zaman dahulu resep jamu hanya dikenal dikalangan keraton dan tidak diperbolehkan keluar dari keraton. Tetapi seiring dengan perkembangan jaman,orang-orang lingkungan keraton sendiri yang sudah modern, mereka mulai mengajarkan meracik jamu kepada masyarakat diluar keraton sehingga jamu berkembang sampai saat ini tidak saja hanya di Indonesia tetapi sampai ke luar negeri.Bagi masyarakat Indonesia, Jamu adalah resep turun temurun dari leluhurnya agar dapat dipertahankan dan dikembangkan.

Bahan-bahan jamu sendiri diambil dari tanaman herbal indonesia baik itu dari akar,daun, buah, bunga, maupun kulit kayu. Sejak dahulu kala, Indonesia telah dikenalakan kekayaannya, tanah yang subur dengan hamparan bermacam-macam tumbuhan yang luas. Tanah yang subur dengan kekayaan tanaman sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia karena mereka bergantung darialam dalam usahanya untuk memenuhi bermacam-macam kebutuhan.

Pengolahan tanah, pemungutan hasil panen, proses alam tidak hanya menghasilkan makanan, tetapi juga berbagai produk yang berguna untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Leluhur kita menggunakan resep yang terbuat dari daun, akar dan umbi-umbian untuk mendapatkan kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit, serta persiapan-persiapan lain yang menyediakan perawatan kecantikan muka dan tubuh yang lengkap. Campuran tanaman obat traditional ini di kenal sebagai JAMU. Dimana Indonesia dikenalsebagai Negara nomor 2 dengan tanaman obat tradisional setelah Brazilia.

Jamu dapat dibedakan atas 2 golongan, yaitu:
1) Jamu sebagai penyedap dengan bahan baku atau simplisia yang belum distandardisasikan dan belum pernah diteliti. Bentuk sediaannya masih sederhana, yaitu berwujud serbuk seduhan, rajangan untuk seduhan,dan sebagainya. Istilah kegunaan masih sepenuhnya memakai pengertian tradisional, seperti galian singset, sekalor, pegal linu, tolak angin, dansebagainya.
2) Fitoterapi adalah simplisia yang telah mendapat standardisasi dantelah dilakukan penelitian alas sediaan galeniknya. Indikasi sudah menggunakan istilah farmakologi, seperti diuretika, obstipansia, kolagoga,dan sebagainya. Khasiatnya dapat diandalkan sesuai dengan basil penelitian yang sudah dikerjakan. Dengan adanya obat kelompok fitoterapi ini,diharapkan obat-obat dari alam secara bertahap dapat dimanfaatkan dalam sistem pelayanan kesehatan formal .

Bahan Jamu Jamu terbuat dari herbal atau tanaman obat. Umumnya, jamu terbuat dari akar, rimpang (modifikasi batang yang menjalar di tanah), dedaunan, atau buah.

Biasanya, orang-orang juga mencampurkan beberapa bahan dari hewan pada ramuan jamu. Hal ini dipercaya akan membuat khasiat jamu semakin meningkat. Bahan-bahan tambahan yang biasa dipergunakan adalah telur atau empedu kambing.
Jamu pada umumnya memiliki rasa pahit dan tidak enak. Tak heran, jika banyak juga orang yang tidak menyukai minuman ini, meskipun sudah tahu tentang khasiat jamu.
Jika Anda termasuk orang yang tidak suka pahit, jangan takut dulu. Karena Anda bisa mencampurkan satu bahan lagi untuk membuat jamu terasa lebih manis dan enak, yaitu madu.

Jamu herbal semakin banyak diminati oleh masyarakat karena khasiatnya yang luar biasa. Tidak adanya efek samping dari penggunaan jamu herbal ini adalah alasan utamanya. Oleh karena itu, sudah tidak aneh lagi kalau jamu herbal ini diburu masyarakat luas. Selain itu, jamu herbal ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang ringan seperti penyakit kulit sampai yang berat seperti jantung dan kolestrol.

Jika anda adalah orang yang sedang mencari obat untuk menyembuhkan suatu penyakit, atau hanya sekedar menjaga kebugaran dankesehatan diri, jangan ragu untuk memilih jamu herbal.Minum jamu berkhasiat untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, mengobati, dan mempercantik tubuh.

Manfaat jamu untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan sudah mendapat banyak bukti ilmiah. Jamu dari kacang kedelai, misalnya, baik untuk mencegah masalah menopause,kardiovaskular, dan osteoporosis. Ini karena jamu tersebut kaya akan isoflavon.Sementara itu, pegagan dalam sediaan kosmetik dapat membantu regenerasi sel kulit karena kandungan triterpenoidnya.Dalam bukunya, Healthy Lifestyle with Jamu, Dr Martha Tilaar mengemukakan bahwa jamu diperlukan dalam siklus kehidupan. Mulai dari bayidan anak-anak, remaja, dewasa, dan mereka yang berusia lanjut. Khusus ramuan jamu untuk kesehatan kulit.

Kandungan Jamu, Kandungan jamu sangat beragam, tergantung dari jenis bahan yang dipakai. Secara keseluruhan, jamu mengandung zat kurkumin, yaitu suatu zat yang bisa berguna sebagai antioksidan yang menurunkan risiko terkena kanker.Selain itu, jamu juga mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan beberapa mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor.

Khasiat Jamu Berdasarkan MacamnyaAda banyak macam jamu yang bisa menunjang kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa contohnya:* Jamu kunyit asamMinuman ini termasuk sangat menyegarkan, bahkan sekarang jamu kunyit asem sudah diproduksi oleh pabrik sebagai minuman alternatif kesehatan. Khasiat jamu yang satu ini adalah menyegarkan tubuh, menghindari sariawan atau panas dalam, dan melancarkan haid bagi wanita.

Jamu beras kencurKhasiat jamu beras kencur adalah menambah nafsu makan dan menyegarkan badan. Banyak yang mengatakan bahwa meminum jamu beras kencur bisa menghindari linu-linu (pegal) di tubuh, sehingga badan selalu bugar.* Jamu temulawakJamu jenis ini baik diminum oleh penderita penyakit hati (hepatitis) karena memiliki efek hepatoprotektor, yaitu efek untuk mencegah penyakit hati. Temulawak juga bisa menurunkan kolesterol maupun menghilangkan pegal linu pada tubuh.

5. Herbal Colection and Market,
Di Herbal Clection and Market TDI disimpan dan di jual berbagai jamu Produk Herbal seperti Madu Alshifa, MAdu Huan Assyifa' u, Mazidun, Madu Mahabbah, walad honey, spirulina kids honey, habbats kids honey, jahe merah amanah, jahe merah amanah mix, jahe merah hidayah, sari kencur, sari temulawak, sari kurma aljazira, sari kurma sahara, sari kurma date honey, sari kurma ruthob, habbatussauda cap kurma jawa, habbatussauda food, habbatussauda habbats, sabun sereh, sabun zaitun, sabun sari rapet, sabun susu, sabun habbatussauda, sabun muka dan sebagainya.

6. Audio visual (ruang seneplex mini), Amphithester,
Tempat ini disediakan untuk wisatawan yang datang , untuk melepas rasa lelah dan menghilangkan rasa penat.

7. Green House,
Green house di TDI bertujuan untuk mempromosikan gerakan cinta lingkungan ,Sebagaiman yang kita ketahui suhu permukaan bumi akan mengakibatkan adanya perubahan iklim yang sangat ekstrem di bumi. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer. Pemanasan global mengakibatkan mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut hal ini di sebabkan efek rumah kaca. Efek rumah kaca juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu air laut sehingga air laut mengembang dan terjadi kenaikan permukaan laut yang mengakibatkan negara kepulauan akan mendapatkan pengaruh yang sangat besar.

Menurut perhitungan simulasi, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu rata-rata bumi 1-5 °C. Bila kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap seperti sekarang akan menyebabkan peningkatan pemanasan global antara 1,5-4,5 °C sekitar tahun 2030. Dengan meningkatnya konsentrasi gas CO2 di atmosfer, maka akan semakin banyak gelombang panas yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap atmosfer. Hal ini akan mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi meningkat.

8. Laboratorium,
Laboratorium di Area TDI disediakan untuk saran riset dan pendidikan , Istilah laboratorium akhir-akhir ini menjadi sangat luas, namun sebelum kita ikut menterjemahkan secara kebablasan maka kita lihat definisi menurut Procter, 1981. Laboratorium adalah tempat atau ruangan dimana para ilmuwan bekerja dengan peralatan untuk penyelidikan dan pengujian terhadap suatu bahan atau benda. Sedangkan menurut ISO/IEC Guide 2 1986, laboratorium adalah instansi/lembaga yang melaksanakan kalibrasi dan atau pengujian. Sementara Pengujian adalah kegiatan teknis yang terdiri atas penetapan, penentuan satu atau lebih sifat atau karakteristik dari suatu produk, bahan, peralatan, organisme, fenomena fisik, proses atau jasa, sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. 

Keadaan pandangan masyarakat menjadi berubah manakala laboratorium telah ikut berperan aktif dalam dunia bisnis dan perdagangan barang atau jasa. Sehingga peranan laboratorium pengujian dalam berbagai aspek kehidupan menjadi sangat besar, bahkan perjanjian-perjanjian besar dalam perdagangan dan keputusan-keputusan peraturan terjadi setiap hari berdasarkan data yang dihasilkan oleh laboratorium penguji. Perubahan pandangan masyarakat ini terjadi ketika kesalahan dan ketidak akuratan data hasil uji dapat mengakibatkan kegagalan produksi, mutu produk yang tidak sesuai, membahayakan kesehatan lingkungan dan bahkan kematian. Sebagai contoh hasil pengujian mutu benih yang salah atau tidak akurat dapat mengakibatkan mutu hasil produksi pertanian yang kurang baik atau dapat mengakibatkan gagal panen. Keadaan ini juga membawa dampak para praktisi laboratorium tidak percaya diri.

9. Jogging and Biking Track
Di TDI juga disediakan area untuk Jogging and Biking Track, Sebagaimana yang kita ketahui Latihan fisik seperti joging dan berlari memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Menurut ahli kebugaran, joging atau berjalan cepat sedikit berbeda dari berjalan pada umumnya, karena jalan cepat dapat digunakan untuk mengembangkan kecepatan atlet.

Joging Joging membantu mengatasi masalah berat badan dan perut buncit, tidak percaya? Jika Anda melakukan joging secara rutin ditambah menjaga asupan makanan, mampu mengatasi berat badan berlebih. Bukan itu saja, joging juga dapat membantu Anda yang bermasalah dengan nafsu makan kecil, menguatkan otot kaki, pinggul dan punggung.

Joging dapat dilakukan di komplek rumah ataupun di bukit-bukit. Buatlah jadwal joging, lengkap dengan lokasi dan jauhnya perjalanan. yang bermasalah dengan tidur pun disarankan rajin berlari atau joging.

Berlari, Jika baru ingin melakukan aktivitas olahraga lari ini, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kesehatan Anda apakah mendukung atau tidak untuk berlari. Berlari dapat mengurangi depresi dan membuat Anda lebih aktif dalam beraktivitas. Tidak hanya baik untuk fisik, berlari juga baik untuk mental, selama Anda tidak melakukan olahraga ini secara berlebihan.

Berlari bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin terlepas dari kegiatan sehari-hari, terlebih jika dilakukan di udara terbuka. Pastikan untuk memulai olahraga lari dengan berlari pelan selama beberapa menit. Lalu sedikit demi sedikit menambahkan kecepatannya. Gunakan sepatu olahraga yang nyaman serta berkualitas dan jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum berolahraga selama tiga atau empat menit. Berikut ini gerakan peregangan yang dapat lakukan dalam latihan fisik :

10. Helipad.
Di arena TDI Juga tersedia area Helipad yang bias di gunakan untuk tamu – tamu tertentu, seperti tam kenegaraan, atau duta – duta dari Negara sahabat yang berkunjung dalam rangka studi banding atau riset.

KESIMPULAN
  1. TDI sangat bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa, hal ini dibuktikan dengan pergerakan ekonomi di sekitar area TDI.
  2. Kecintaan pada tanah air dan budaya bangsa dapat kita wujudkan dengan melestarikan tanaman jamu khas Indonesia
  3. Fasilitas yang disediakan oleh TDI sangat lengkap sehingga, TDI sangat layak jika dijadikan tujuan wisata keluarga.

SARAN
  1. Sebagai generasi muda kita perlu mengenal lebih jauh kasanah tanaman obat asli Indonesia dengan media “ Taman Jamu Indonesia “ Nyonya Mener
  2. Sebagai generasi muda kita perlu mengalakkan budaya cinta produk herbal asli Indonesia.
  3. Sebagai generasi muda kita perlu mempelajari prospek dari Bisnis Jamu Tradisional di tengah pasarglobal

0 comments:

Post a Comment

Warning !! Silahkan Copy paste asal tetap mencantumkan URL/Link Blog sebagai sumbernya. Powered by Blogger.